TATA BOGA UNNES BERIKAN PELATIHAN KETERAMPILAN USAHA FROZEN FOOD UNTUK PELAKU UKM JAWA TENGAH

Sebagai perwujudan visi dan misi Gubernur Jawa Tengah yaitu “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari” dan Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN) masa pandemi Covid-19 dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang mengadakan pelatihan bagi pelaku UKM di Jawa Tengah. Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam aspek pengetahuan, keterampilan serta sikap kerja yang diperlukan dalam pembuatan aneka frozen food yang bersih serta menghitung harga pokok penjualan. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 10 Juni 2022 di Balai Pelatihan Koperasi, UKM Provinsi Jawa Tengah dan Laboratorium Boga Universitas Negeri Semarang.

Pelatihan yang diikuti oleh 50 orang peserta ini, dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Tengah pada hari Senin, 6 Juni 2022. Setelah upacara pembukaan dilakukan persiapan pelatihan dan pengenalan bahan yang akan digunakan. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian teori sekaligus praktek dalam membuat aneka olahan makanan. Pada hari ke-4, diberikan materi tentang kebersihan pangan dan nilai gizi sekaligus bagaimana menghitung harga pokok penjualan dan pemasaran secara digital. Pada hari terakhir, terdapat sebuah tes untuk menguji kemampuan peserta setelah pelatihan dan diakhiri dengan praktisi di bidang bisnis boga menyampaikan kisah inspiratif bagi peserta pelatihan.

Instruktur dalam pelatihan ini berasal dari Program Studi Pendidikan Tata Boga, yaitu Ibu Dra. Wahyuningsih, M. Pd., Ibu Ir. Siti Fathonah, M. Kes., Ibu Dra. Rosidah, M. Si., Ibu Pudji Astuti, S. Pd., M. Pd., Bapak Muhammad Ansori, S. T. P., M. P., Ibu Romiyatun Mijiling A, S. Pd., M. Pd. dan Ibu Noer Hayati Lestari, A. Md. Dari pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat meningkatkan kemampuanya dalam pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja dalam bidang usaha frozen food.

 

Penulis: Diska Rahmita Gasti

Editor: Godham Eko Saputro

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *