BIMBINGAN TEKNIS WIRAUSAHA BERSAMA (WUB) INOVASI MLINJO BERSAMA KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DAN PENDIDIKAN TATA BOGA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Pada tanggal 12 hingga 16 Maret 2022 Kementerian Perindustrian melaksanakan realisasi program kegiatan dengan tema inovasi mlinjo. Panitia bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Brebes. Dengan merekrut 20 orang peserta, bimbingan teknis wirausaha bersama (WUB) IKM Pengolahan Cookies Emping dilaksanakan dengan pengajar berasal dari Pendidikan Tata Boga UNNES, Ibu Saptariana. 

Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 di Islamic Center, Brebes. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ibu Hj. Paramitha Widya Kusuma, S.E., M.M. sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Brebes dan apt. Adhitya Gilang Ramadhan, S.Farm. Pelatihan dilakukan mulai 13 hingga 16 Maret 2022 di Rumah Makan Intan Jatibarang, Brebes. Peserta mendapatkan materi teori maupun praktek pengolahan inovasi salah satunya cookies mlinjo, ayam fillet mlinjo, kreasi emping mlinjo, dsb. Materi dipaparkan secara berurutan sebagai berikut: pengenalan good manufacturing product, teknik pengolahan produk, teori pengolahan emping berbahan campuran, sanitasi dan kebersihan, teknologi alat pengolahan emping dan teknik pemasaran emping. Ibu Saptariana menyebutkan, “Kemasan bukan hanya pembungkus, tetapi sarana komunikasi dan informasi tentang produk tersebut kepada calon konsumen sekaligus media pemasaran produk olahan emping”. Acara penutupan kegiatan dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2022 di tempat sama dengan acara pembukaan.

Kegiatan bimtek wirausaha baru IKM Pengolahan Emping di Kecamatan Jatibarang berjalan dengan lancar. Para peserta yang antusias menjadi mampu memahami materi yang disampaikan oleh pengajar. Usaha yang nantinya dilakukan oleh para wirausahawan baru dapat memiliki potensi baik karena kebutuhan yang semakin meningkat di masyarakat. Kebutuhan pengolahan emping paling banyak dibutuhkan pada hari raya.

Sumber: https://detikjatim.id/bimbingan-teknis-bimtek-wub-ikm-makanan-ringan-di-rumah-makan-intan-jatibarang/

Penulis: Diska Rahmita Gasti

Editor: Godham Eko Saputro

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *